Rabu, 19 September 2012

PENGANTAR MANAJEMEN

dari pada di poto copy sama teman teman kan otomatis keluar duit  mereka
nah tidak ada salah nya kan ane membantu sambil menikmati pasilitas bloger untuk teman teman semua nya :) oke langsung saja.


pengantar manajemen

  • -stephen robbins & marry coulter, 2007,management,6th edition, prentice hall.
  • -james A.F stoner, 1992,manajemen edisi 2 erlangga, jakarta.
  • -malayu hasibuan,2009 manajemen, dasar, pengertian,dan masalah.bumi aksara, jakarta.
  • -M.manulang 2009, dasar dasar manajemen, gajah mada universiti prataess,yogyakarta.

lectuted by: ernawati S.E, MM

PENGANTAR MANAJEMEN 2 SKS
pertemuan                                            materi                                                                       sumber
      1 dan 11      pengertian ruang lingkup dan peran manajemen                                   buku 123 dan 4
         111           sejarah dan epaluasi teori manajemen                                                   buku 23 dan 4
         1V            etika budaya dan lingkungan organisasi                                                buku 1 dan 2
          V             etika budaya dan lingkungan organisasi                                                buku 1 dan 2
     VI dan VII   fungsi perancangan dan manajemen strategik                                       buku 123 dan 4
       VIII                               UTS
     IX dan X      pungsi mpengorganisasian dan manajemen sumber daya manusia     buku 123 dan 4        
    XI dan XII    pungsi kepemimpinan, motivasi dan komunikasi.                               buku 123 dan 4
         XII           pungsi pengendaliaan                                                                            buku 123 dan 4
         XIV                             UAS
                                

TIU
  • setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa di harapkan mampu menerapkan
  • fungsi-fungsi manajemen yang harus di lakukan dalam setiap organisasi

KONTRAK PERKULIAHAN
pada saat perkuliahan di harapkan :
  • mengikuti aturan dafri stmik
  • jangan menelpon dalkam ruangan,silahkan keluar dan minta ijin kalau mau menelpon.
  • jangan ribut, jangan makan dan minum dalam ruangan.
  • penilaian di dasarkan pada nilai UTS, tugas, UAS dan kehadiran.

APAKAH MANAJEMEN ITU
  • proses mengkoordinasi dan mengintegrasikan kegiatan kegiatan kerja agar diselesaikan secara epesien dan efektif dengan dan melalui orang lain.
  • seni untuk melakanakan sesuatu melalui orang lain.
  • manajemen (POAC/POLC) adlah proses perencanaan ,pengorganisasian,pemimpin dan pengendalian upaya anggotaorganisasi dan penggunaan semua sumber daya dan organisasi untuk mencapoai tujuan organisasi.
MENGAPA KITA PERLU BELAJAR MANAJEMEN

  • untuk meningkatkan hasil yang diperoleh dari penggunaan sumber daya yang di miliki
  • sebagian besar hidup kita merupakan suatu anggota dari satu atau lebih organisasi
  • organisasi di kelola untuk mencapai tujuan organisasi
  • kenyataan baha manajemen di butuhkan pada segala jenis dan ukuran organisasi, pada semua tingkatan organisai, pada semoua bidang organisasi dan pada organuisasi di semua negara di seluruh dunia
  • untuk meningkatkan produktivitas atau efisiensi dan efektivitas organosasi.


 MENGAPA PRODUKTIVITAS ATAU EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS ITU PERLU DI TINGKATKAN?

  • kerna sumber daya yang di miliki terbatas jumlah nya
  • efisien pencapaian tujuan dengan meminimalisasi sumber daya
  • efektif (befrhasil guna) tujuan berhasil di capai

PENGERTIAN MANAJEMEN

  • seni untuk meleksanakan pekerjaan melalui orang lain the art getting things done through people.
  • seni berarti kemampuan seseorang untuk menyerap ilmu pengetahuan dan menggunakan nya untuk mencaspai tujuan tertentu
  • ilmu oengetahuan adalah pengaturan mengenai sega;la sesuatu yang tersusun secara teratur
  • ilmu pengetahuan di kelompokkan menjadi dua yaitu:
  1. scinece
  2. Art 
 MENGENAI ORGANISASI & MANAJEMEN SIAPAKAH MANAJER ?
  • seorang yang merencanakan ,mengorganisir, memimpin dan mengendalikan oarang dan peketjaan dalam cara yang memungkin kan organisasi mencapai tujuan (dessier)
  • seorang angfgota organisasi yang memadukan & mengkoordinasikan pekerjaan orang lain (robbins)
  •  manajer bekerja dengan dan melalui orang lain.
  • manajer bertanggung jawab dan bertanggung gugat
  • manajer menyelaraskan tujuan dan menentukan prioritas
  • manajer harus berpikir secara analisis & konseptual
  • manajer mangambil keputusaan yang sulit
  • manajer adalah penengah, politikus dan diplomat
  • manajer sebagai simbol

LEVEL OF MANAJER (DESSLER)

  • top manager (mempunyai manajer sebagai bawahan), posisi  sebagai exsekutip, funcional tittle president, vice prisident HR, chief finansial officer, chief executif officer.
  • middle manager (mempunyai manajer sebagai bawahan) posisi sebagai manajer atau derektur funcional.tittle: production manager , sales directur finance manager. 
  • firts-line manager (mempunyai non-manager sebagai bawahan) posisi:superpisol fungsional. tiitle:produkton supervisor , assistant HR manager


MANAGER LEVEL

  • TOP
  • midle TOP MANAJER
  • FIRTS LINE MANAGER
  • NON-MANAGERIAL EMPLOYEE

FUNGSI-FUNGSI & PROSES MANAJEMEN

  • proses manajemen seranhgakaian keputusan dan kegiatan kerja yang terus menrus di mana manager terlibat dalam merencanakan , mengorganisasikan , memimpin dan mengendalikan

    PLANNING-ORGANIZING-LEADING-CONTROLLING (PENCAPAIAN TUJUAN ORGANISASI)



PLANNING
  •  mendepenisikan tujuan 
  • penetepan stertegi
  • menyusun bagian bagian rencana untuk mengkoprdinasi kegiatan kegiatan kerja.
ORGANIZING
 
  • menentukan tugas tugas apa yang di kerjakan ?
  • siapa yang akan mengerjakan ?
  • bagaimana tugas tugas tersebut di kelompokkan ?
  • siapa yang bertanggung jawab , melapor kepoada siapa 
  • di tingkat mana keputusan keputusan di buat

 LEADING
  • memotivasi bawahan 
  • mengerahkan 
  • menyelesaikan saluran komunikasi yang paling epektiv
  • memecahkan konflik  

CONTROLLING
  • memantau kegiatan untuk memastiakan semua orang mencapai apa yang telah diren canakan .
  • mengkoreksi penyimpnga penyimpangan yang signifikan .

MANAGEMEN ROLES
  • henry miberg mempeklajari apa yang dilakukan manajer dapat di jelaskan dengan melihat peran mereka
  • peran manajemen mangecu pada kategori- kategori tertentu prilaku manajerial : peran antar pribadi , peraninfosional dan peran pengambilan keputusan 

PERAN BERKAITAN DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI

  • peran simbolis (figurehead)
  • pemimpin (LEADER)  memotivasi bawahan stffing, melatih
  • penghubung (liason) melakukan kontak dan memberi informasi keluar, memberikan informasu kedalam
 PERAN BERKAITAN DENGAN INFORMASI

  • pemantau(monitor): mencari&menerima informasi internal&dan external untuk mengembangkan pemahaman 
  • penyebar (DESSIMINATOR): meneruskan informasi yang di terima dari luar atu baewahan kepada anggota organisasi lain nya 
  • juru bicara (sepokeperson): meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana , kebijakan, tindakan dan hasil organisasi
PERAN BERKAITAN PENGAMBIALAN KEPUTUSAN
  • wirausahawan (mencari peluang & inisiativ proyek proyek perbsikan dan perubahan)
  • penyelesaian gangguan
  • pengalokasi sumberdaya
  • perunding (negotiator)

MANAGERIAL SKILLS

  • TOP MANAGERS<- conseptual skill
  • MIDDLE MANAGERS<- human skills 
  • FIRT LINE MANAGERS<- technical skills
BAGAIMANA PEKERJAAN SEORANG MANGER BERUBAH
CHANGES                                              INFACT OF CHANGES
perubahan tekhnologi digitalisasi            risk management
                                                                 work life personal life balance
                                                                 penyusunan ulang tempat kerja
                                                                 persolan deskriminasi
                                                                 persoalan globalisasi
                                                                 bantuan kepada karywan

BAGAIMANA PEKERJAAN SEORANGB MANEGER BERUBAH

CHANGES                                                INFACT OF CHANGE
meningkatkan penekanan                          redifined values
organisasional& manajerial                       rebuiliding trust
                                                                   increase accountability

BAGAIMAN PEKERJAAN SEORANG MANAJER BERUBAH
   CHANGES                                             INFACT OF CHANGE                              
meningkatnya persaingan                          costumer servise
                                                                   innovation
                                                                   globalization
                                                                   efficiency/productivity

APAKAH ORGANISASI ITU?
pengaturan orang orang secara sebgaja untuk mencapai tujuan tertentu
  • tujuan yang jelas
  • struktur
  • orang-orang
THE NEW MANAGEMENT
  • smaller organisasion unit, kenyataan , kebanyakan perusahaan beroperasi dengan unit organisasi lebih kecil
  • team based organizations , menekankan pada cross functional teams&interdeparmental
  • empowered decision making, pekerjaan sekarang membutuhkan beklajar terus menerus, menuntut kemampuan berpikir lebih tinggi& tenaga kerja dengan komitmen lebuih besar
  • flatter organizational structures, organisasi sekarang tidak membutuhkan bentuk fyramid yang sebelun nya bentuk pamiliar, perlu lebih datar debgan 3-4 tingkatan organisasian organisasi saja.
THE NEW MANAGEMENT
  • new based of management power, pemimpin tidak selamanya tergantung pada kewenangan formal agar pengikut patuh pada mereka. kesujsesan tergantung p[eningkatan dalam sumber gagasan gagasan yang bagus , figur yang bisa berkoloborasi untuk menjalankan gagasan, dan bekerja dengan bawahan untuk mencapai hasil
  • knowledge based organizations, team yangsangat terlatih berpendidikan propesional, mengaplikasikan knowledge untuk masalah pelanggan dalam setting di mana karyawan terpimpin dan disiplin
  • dengan aktivitas mereka, suatu penekanan pada misi dan nilai mempormulasikan visi yang jelas dan nilai dimana karyawan komit adalah penting.
 THE NEW MANAGEMENT
  • managers adalah agen perubahan , menajer tidak bisa mempertahankan status quo
  • kepemimpinan adalah kunci. pekerja yang empowered bekerja malayani dan butuh pekerja berpikir se[perti pemilik . pamahamn untuk bagai mana bekerja  dengan dan melalui orang orang  dan untuk menggunakan konsep konsep ilmu prilaku dan teknik pada pekerjaan
  • banyak perusahaan menjadi E based, virtually dilakukan semua perusahaan di negara maju dari yang kecil sampai raksasa, manajer menggunakan internet dalam ribuan cara untuknmembantu lebih baik dalam membuat rencana , menorganizir, memimpin dan mengendalikan.
alhamdulillah sudah selesai pengetikan nya
semoga bermanfaat aja untuk teman teman semua nya dan di berikan pemahaman dalam mengaplikasikan nya aminnn ya robbal alamin :)






0 komentar:

Posting Komentar

PENGANTAR MANAJEMEN

dari pada di poto copy sama teman teman kan otomatis keluar duit  mereka
nah tidak ada salah nya kan ane membantu sambil menikmati pasilitas bloger untuk teman teman semua nya :) oke langsung saja.


pengantar manajemen
  • -stephen robbins & marry coulter, 2007,management,6th edition, prentice hall.
  • -james A.F stoner, 1992,manajemen edisi 2 erlangga, jakarta.
  • -malayu hasibuan,2009 manajemen, dasar, pengertian,dan masalah.bumi aksara, jakarta.
  • -M.manulang 2009, dasar dasar manajemen, gajah mada universiti prataess,yogyakarta.

lectuted by: ernawati S.E, MM

PENGANTAR MANAJEMEN 2 SKS
pertemuan                                            materi                                                                       sumber
      1 dan 11      pengertian ruang lingkup dan peran manajemen                                   buku 123 dan 4
         111           sejarah dan epaluasi teori manajemen                                                   buku 23 dan 4
         1V            etika budaya dan lingkungan organisasi                                                buku 1 dan 2
          V             etika budaya dan lingkungan organisasi                                                buku 1 dan 2
     VI dan VII   fungsi perancangan dan manajemen strategik                                       buku 123 dan 4
       VIII                               UTS
     IX dan X      pungsi mpengorganisasian dan manajemen sumber daya manusia     buku 123 dan 4        
    XI dan XII    pungsi kepemimpinan, motivasi dan komunikasi.                               buku 123 dan 4
         XII           pungsi pengendaliaan                                                                            buku 123 dan 4
         XIV                             UAS
                                

TIU
  • setelah menyelesaikan kuliah ini mahasiswa di harapkan mampu menerapkan
  • fungsi-fungsi manajemen yang harus di lakukan dalam setiap organisasi

KONTRAK PERKULIAHAN
pada saat perkuliahan di harapkan :
  • mengikuti aturan dafri stmik
  • jangan menelpon dalkam ruangan,silahkan keluar dan minta ijin kalau mau menelpon.
  • jangan ribut, jangan makan dan minum dalam ruangan.
  • penilaian di dasarkan pada nilai UTS, tugas, UAS dan kehadiran.

APAKAH MANAJEMEN ITU
  • proses mengkoordinasi dan mengintegrasikan kegiatan kegiatan kerja agar diselesaikan secara epesien dan efektif dengan dan melalui orang lain.
  • seni untuk melakanakan sesuatu melalui orang lain.
  • manajemen (POAC/POLC) adlah proses perencanaan ,pengorganisasian,pemimpin dan pengendalian upaya anggotaorganisasi dan penggunaan semua sumber daya dan organisasi untuk mencapoai tujuan organisasi.
MENGAPA KITA PERLU BELAJAR MANAJEMEN

  • untuk meningkatkan hasil yang diperoleh dari penggunaan sumber daya yang di miliki
  • sebagian besar hidup kita merupakan suatu anggota dari satu atau lebih organisasi
  • organisasi di kelola untuk mencapai tujuan organisasi
  • kenyataan baha manajemen di butuhkan pada segala jenis dan ukuran organisasi, pada semua tingkatan organisai, pada semoua bidang organisasi dan pada organuisasi di semua negara di seluruh dunia
  • untuk meningkatkan produktivitas atau efisiensi dan efektivitas organosasi.


 MENGAPA PRODUKTIVITAS ATAU EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS ITU PERLU DI TINGKATKAN?

  • kerna sumber daya yang di miliki terbatas jumlah nya
  • efisien pencapaian tujuan dengan meminimalisasi sumber daya
  • efektif (befrhasil guna) tujuan berhasil di capai

PENGERTIAN MANAJEMEN

  • seni untuk meleksanakan pekerjaan melalui orang lain the art getting things done through people.
  • seni berarti kemampuan seseorang untuk menyerap ilmu pengetahuan dan menggunakan nya untuk mencaspai tujuan tertentu
  • ilmu oengetahuan adalah pengaturan mengenai sega;la sesuatu yang tersusun secara teratur
  • ilmu pengetahuan di kelompokkan menjadi dua yaitu:
  1. scinece
  2. Art 
 MENGENAI ORGANISASI & MANAJEMEN SIAPAKAH MANAJER ?
  • seorang yang merencanakan ,mengorganisir, memimpin dan mengendalikan oarang dan peketjaan dalam cara yang memungkin kan organisasi mencapai tujuan (dessier)
  • seorang angfgota organisasi yang memadukan & mengkoordinasikan pekerjaan orang lain (robbins)
  •  manajer bekerja dengan dan melalui orang lain.
  • manajer bertanggung jawab dan bertanggung gugat
  • manajer menyelaraskan tujuan dan menentukan prioritas
  • manajer harus berpikir secara analisis & konseptual
  • manajer mangambil keputusaan yang sulit
  • manajer adalah penengah, politikus dan diplomat
  • manajer sebagai simbol

LEVEL OF MANAJER (DESSLER)

  • top manager (mempunyai manajer sebagai bawahan), posisi  sebagai exsekutip, funcional tittle president, vice prisident HR, chief finansial officer, chief executif officer.
  • middle manager (mempunyai manajer sebagai bawahan) posisi sebagai manajer atau derektur funcional.tittle: production manager , sales directur finance manager. 
  • firts-line manager (mempunyai non-manager sebagai bawahan) posisi:superpisol fungsional. tiitle:produkton supervisor , assistant HR manager


MANAGER LEVEL

  • TOP
  • midle TOP MANAJER
  • FIRTS LINE MANAGER
  • NON-MANAGERIAL EMPLOYEE

FUNGSI-FUNGSI & PROSES MANAJEMEN

  • proses manajemen seranhgakaian keputusan dan kegiatan kerja yang terus menrus di mana manager terlibat dalam merencanakan , mengorganisasikan , memimpin dan mengendalikan

    PLANNING-ORGANIZING-LEADING-CONTROLLING (PENCAPAIAN TUJUAN ORGANISASI)



PLANNING
  •  mendepenisikan tujuan 
  • penetepan stertegi
  • menyusun bagian bagian rencana untuk mengkoprdinasi kegiatan kegiatan kerja.
ORGANIZING
 
  • menentukan tugas tugas apa yang di kerjakan ?
  • siapa yang akan mengerjakan ?
  • bagaimana tugas tugas tersebut di kelompokkan ?
  • siapa yang bertanggung jawab , melapor kepoada siapa 
  • di tingkat mana keputusan keputusan di buat

 LEADING
  • memotivasi bawahan 
  • mengerahkan 
  • menyelesaikan saluran komunikasi yang paling epektiv
  • memecahkan konflik  

CONTROLLING
  • memantau kegiatan untuk memastiakan semua orang mencapai apa yang telah diren canakan .
  • mengkoreksi penyimpnga penyimpangan yang signifikan .

MANAGEMEN ROLES
  • henry miberg mempeklajari apa yang dilakukan manajer dapat di jelaskan dengan melihat peran mereka
  • peran manajemen mangecu pada kategori- kategori tertentu prilaku manajerial : peran antar pribadi , peraninfosional dan peran pengambilan keputusan 

PERAN BERKAITAN DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI

  • peran simbolis (figurehead)
  • pemimpin (LEADER)  memotivasi bawahan stffing, melatih
  • penghubung (liason) melakukan kontak dan memberi informasi keluar, memberikan informasu kedalam
 PERAN BERKAITAN DENGAN INFORMASI

  • pemantau(monitor): mencari&menerima informasi internal&dan external untuk mengembangkan pemahaman 
  • penyebar (DESSIMINATOR): meneruskan informasi yang di terima dari luar atu baewahan kepada anggota organisasi lain nya 
  • juru bicara (sepokeperson): meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana , kebijakan, tindakan dan hasil organisasi
PERAN BERKAITAN PENGAMBIALAN KEPUTUSAN
  • wirausahawan (mencari peluang & inisiativ proyek proyek perbsikan dan perubahan)
  • penyelesaian gangguan
  • pengalokasi sumberdaya
  • perunding (negotiator)

MANAGERIAL SKILLS

  • TOP MANAGERS<- conseptual skill
  • MIDDLE MANAGERS<- human skills 
  • FIRT LINE MANAGERS<- technical skills
BAGAIMANA PEKERJAAN SEORANG MANGER BERUBAH
CHANGES                                              INFACT OF CHANGES
perubahan tekhnologi digitalisasi            risk management
                                                                 work life personal life balance
                                                                 penyusunan ulang tempat kerja
                                                                 persolan deskriminasi
                                                                 persoalan globalisasi
                                                                 bantuan kepada karywan

BAGAIMANA PEKERJAAN SEORANGB MANEGER BERUBAH

CHANGES                                                INFACT OF CHANGE
meningkatkan penekanan                          redifined values
organisasional& manajerial                       rebuiliding trust
                                                                   increase accountability

BAGAIMAN PEKERJAAN SEORANG MANAJER BERUBAH
   CHANGES                                             INFACT OF CHANGE                              
meningkatnya persaingan                          costumer servise
                                                                   innovation
                                                                   globalization
                                                                   efficiency/productivity

APAKAH ORGANISASI ITU?
pengaturan orang orang secara sebgaja untuk mencapai tujuan tertentu
  • tujuan yang jelas
  • struktur
  • orang-orang
THE NEW MANAGEMENT
  • smaller organisasion unit, kenyataan , kebanyakan perusahaan beroperasi dengan unit organisasi lebih kecil
  • team based organizations , menekankan pada cross functional teams&interdeparmental
  • empowered decision making, pekerjaan sekarang membutuhkan beklajar terus menerus, menuntut kemampuan berpikir lebih tinggi& tenaga kerja dengan komitmen lebuih besar
  • flatter organizational structures, organisasi sekarang tidak membutuhkan bentuk fyramid yang sebelun nya bentuk pamiliar, perlu lebih datar debgan 3-4 tingkatan organisasian organisasi saja.
THE NEW MANAGEMENT
  • new based of management power, pemimpin tidak selamanya tergantung pada kewenangan formal agar pengikut patuh pada mereka. kesujsesan tergantung p[eningkatan dalam sumber gagasan gagasan yang bagus , figur yang bisa berkoloborasi untuk menjalankan gagasan, dan bekerja dengan bawahan untuk mencapai hasil
  • knowledge based organizations, team yangsangat terlatih berpendidikan propesional, mengaplikasikan knowledge untuk masalah pelanggan dalam setting di mana karyawan terpimpin dan disiplin
  • dengan aktivitas mereka, suatu penekanan pada misi dan nilai mempormulasikan visi yang jelas dan nilai dimana karyawan komit adalah penting.
 THE NEW MANAGEMENT
  • managers adalah agen perubahan , menajer tidak bisa mempertahankan status quo
  • kepemimpinan adalah kunci. pekerja yang empowered bekerja malayani dan butuh pekerja berpikir se[perti pemilik . pamahamn untuk bagai mana bekerja  dengan dan melalui orang orang  dan untuk menggunakan konsep konsep ilmu prilaku dan teknik pada pekerjaan
  • banyak perusahaan menjadi E based, virtually dilakukan semua perusahaan di negara maju dari yang kecil sampai raksasa, manajer menggunakan internet dalam ribuan cara untuknmembantu lebih baik dalam membuat rencana , menorganizir, memimpin dan mengendalikan.
alhamdulillah sudah selesai pengetikan nya
semoga bermanfaat aja untuk teman teman semua nya dan di berikan pemahaman dalam mengaplikasikan nya aminnn ya robbal alamin :)







Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar